CARA MUDAH MERAWAT POWER BANK AGAR TAHAN LAMA

bagi pengguna gatget seperti jaman sekarang ini mungkin sudah tidak asing lagi dengan yang namanya power bank, keberadaannya saat ini sangat membantu untuk para pengguna gatget dll, apalagi bila gatget itu sendiri digunakan untuk sebuah bisnis, selain bentuknya yang simpel,power bank juga mudah untuk kita bawa. Nah kali ini admin akan berbagi cara mudah merawat power bank agar tahan lama, berikut tipsnya:
cara merawat power bank

1. CHARGING POWER BANK KETIKA LOW DAYA. (daya hampir habis ) dan cabut charger tepat pada saat led (lampu) indikator telah menyala semua, yang menandakan baterai powerbank telah terisi penuh.

2. STOP mencharge hp/device dengan powerbank sambil menggunakannya, apalagi di gunakan untuk gaming. karena bisa merusak komponen di dalam power bank, pengisianpun menjadi lebih lama.

3. JANGAN TERLALU SERING MENCARGER POWER BANK,
Charging seperlunya saja ketika telah hampir habis. Perhatikan cara dan waktu pengisiannya,karena Cara pengisian juga dapat mempengaruhi umur power bank kamu. Agar lebih awet, usahakan untuk mengisi power bank sampai benar-benar penuh agar bisa bekerja secara optimal. Pastikan kamu menghentikan pengisian saat semua lampu indikator pada power bank menyala. Selain itu, sebaiknya men-charge power bank saat dayanya sudah hampir habis, misalnya di bawah 15 %. Pengisian daya power bank yang terlalu sering, apalagi saat masih terdapat banyak daya di dalamnya, akan menurunkan kinerja dan memperpendek umur power bank.

4. HINDARI SUHU PANAS DAN DINGIN

Pada dasarnya alat elektronik seperti power bank tidak kebal terhadap suhu yang ekstrem, dalam hal ini suhu yang terlalu panas ataupun terlalu dingin. Oleh karena itu, sebaiknya jangan letakkan power bank di tempat yang terkena sinar matahari secara langsung dan juga tempat yang lembab, apalagi terkena air. Suhu yang terlalu panas ataupun dingin, dapat mempercepat kerusakan komponen-komponen di dalamnya. Sebaiknya simpan dan letakkanlah power bank di tempat yang memiliki suhu ruangan.

5. TUTUP APLIKASI BERAT SAAT MENGGUNAKAN POWER BANK

Sering bermain games di gadget yang terhubung dengan power bank? Jika iya, kamu harus mulai menghentikan kebiasaan tersebut. Hal ini karena power bank dipaksa untuk mengeluarkan daya sebanyak dua kali lipat saat gadget digunakan untuk menjalankan aplikasi yang berat seperti games dan browsing internet. Oleh karena itu, sebaiknya kamu tidak menjalankan aplikasi yang berat saat men-charge gadget dengan menggunakan power bank. Bila perlu, matikan gadget saat menghubungkan gadget ke power bank.

6. JAUHKAN DARI BARANG ELEKTRONIK LAINNYA,

Meletakkan power bank di dekat alat elektronik lain yang juga menimbulkan medan magnetik seperti televisi dan kulkas, juga harus kamu hindari. Bila power bank diletakkan berdekatan dengan televiso, maka gelombang magnetik yang dihasilkan oleh keduanya akan saling bertabrakan sehingga menyebabkan kerusakan pada keduanya jika terjadi secara terus-menerus dan dalam waktu yang cukup lama. Kerusakan ini dapat berupa menurunkan kinerja power bank, atau bahkan bisa saja power bank sama sekali tidak lagi berfungsi.

7. USAHAKAN JANGAN SAMPAI TERJATUH

Sama halnya dengan kebanyakan alat elektronik, power bank juga termasuk benda yang tidak tahan banting dan rentan rusak apabila terjatuh atau terbentur. Jika terkena benturan keras seperti terjatuh, kinerja dari komponen baterai di dalamnya akan berkurang, atau bahkan tidak akan bisa digunakan lagi. Sebagai bentuk pencegahan agar power bank kamu tidak rusak saat terjatuh, kamu bisa mengamankannya dengan menggunakan case atau sarung khusus power bank.

8. GUNAKAN SEPERLUNYA SAJA

Semakin sering digunakan, pastinya kinerja dan daya tahan power bank pun akan semakin menurun. Oleh karena itu, kamu harus bijak saat menggunakan power bank dan meminimalisir penggunaannya. Saat berada di rumah atau di tempat yang menyediakan soket atau colokan listrik, sebaiknya kamu men-charge gadget langsung dengan menyambungkannya ke soket listrik. Hal yang perlu kamu ingat adalah power bank seharusnya hanya kamu gunakan saat keadaan darurat, seperti saat berada di luar rumah dan saat kamu tidak bisa menemukan soket listrik untuk men-charge gadget secara langsung ke listrik.

itulah cara mudah merawat power bank kita, mudah-mudahan bermanfaat, karena pada intinya merawat jauh lebih baik, selain daari pada itu kita bisa berhemat tentunya. pentingnya berbagi ilmu, jangan lupa share ya.

Comments

  • No Comment Yet
Please login first for post a comment

Widget

Blogroll